SES-Socio Economic Status Indonesia

Ternyata banyak sekali dari pengunjung mengetahui blog ini dengan search “SES Indonesia”, sayangnya post saya yang dahulu sudah terhapus, dan saya mendapatkan email dari beberapa mahasiswa untuk mendapatkan kembali SES definition tersebut. Berikut ini saya mencoba menuliskan kembali tentang SES.

SES sebenarnya adalah cara untuk mengklasifikasikan konsumen berdasarkan kemampuan ekonomi ataupun status sosialnya. Ada banyak cara untuk melakukan penggolongan ini, masing-masing negara memiliki cara yang berbeda, bahkan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain bisa memiliki pandangan yang tidak sama tentang cara pengukuran SES ini.

Dinegara yang maju, untuk mengukur SES terdiri dari beberapa variable: misalnya Income, Education, occupation, dan mungkin kekayaan dari sebuah rumah tangga tersebut. Tetapi di beberapa Negara termasuk Indonesia, SES diukur dengan menggunakan satu variable saja.

Di Indonesia, yang mengadakan pengukuran SES ini salah satunya adalah Nielsen (Roy Morgan juga melakukannya). Mereka melalui beberapa pertimbangan, menggunakan monthly household expenses untuk mengukur SES ini.

Pengambilan data untuk SES ini dilakukan di 10 kota besar, dan hasil definisi SES 2010 adalah sebagai berikut

  • SES A: 3.000.000 +
  • SES B: 2.000.000 – 3.000.000
  • SES C1: 1.500.000 – 2.000.000
  • SES C2: 1000.000 – 1.500.000
  • SES D: 700.000 – 1000.000
  • SES E : < 700.000

Geek only:

  • Selain mengumpulkan data tentang monthly housesold expenses, Nielsen juga melakukan pengumpulan banyak sekali data, diantaranya occupation, Income, education dan lain lain, dimana variable2 ini nantinya diguanakan untuk membuat test validitas yang diperlukan
  • Monthly H/H Expenditure adalah belanja rutin bulanan termasuk diantaranya: air, listrik, telepon, uang sekolah, bensin dll. Tidak termasuk :pembelian / cicilan big ticket item (rumah, mobil, arisan), baju,  entertainment ( nonton, makan diluar, clubbing) dll.
  • Mungkin anda merasa bahwa definisi diatas terlalu kecil atau sebaliknya, perlu diingat bahwa definisi tersebut diambil dari 10 kota besar (ada kota yang skew ke SES atas, ada juga kota yg skew ke SES bawah). Bila anda menginginkan kelas atas sekali, mungkin anda harus menambah variable lain misalnya SES A pemilik kartu kredit Gold.

56 Comments

  1. Kresna A says:

    Hi Pak Vidi,

    Saya membutuhkan data SES penduduk kota Surabaya terbaru beserta persentasenya. Apakah bapak ada saran kemanakah saya harus mencarinya pak?
    Data ini saya perlukan untuk data tesis saya untuk mengetahui jumlah kelas ekonomi yang ada di kota Surabaya.
    Mohon bantuannya pak.

    Terimakasih banyak atas bantuannya pak

    1. vidinur says:

      Langsung ke nielsen saja Pak…

      1. bibin says:

        itu dapat angka segitu dari menghitung kah pak? kenapa link dari nielsen tidak menyebutkan angka di indonesianya yaa

  2. wiranda says:

    pak, saya mau tannya soal kelemahan dan keunggulan SES itu sendiri. khusus nya di indonesia pak?
    maaf klw pertannya nya kurang jelas.

    1. vidinur says:

      Keunggulannya simple gampang digunakan banyak orang, kelemahannya terlalu simple bagi sebagian orang.. :)

  3. Elinor Caro says:

    Hi Vidinur,

    This article was written last 2010. I am curious if it still remains the same now, if not, what is the latest and current SES classification for Indonesia (2012)?

    Thank you so much.

    Regards,
    Eli

  4. salam kenal pak Vidi, boleh mohon pencerahan untuk info spending habit & buying power kalangan usia 17 – 30 tahun? apakah ada korelasi dengan data SES di atas, mengingat kalangan tersebut rata-rata masih single atau baru berkeluarga dan baru bekerja. dimana kira2 saya bisa mendapatkan info globalnya (selain menghubungi langsung Nielsen). terima kasih sebelumnya pak :)

    1. vidinur says:

      Perlu diketahui bahwa SES ini ukurannya adalah pengeluaran keluarga, Ada kemungkinan dengan pengeluaran yang sama keluarga kecil akan lebih banyak berbelanja produk yg lebih mahal dibandingkan keluarga yang besar.

  5. umar says:

    cari data/perbedaan dari masing2 kelas SES, dimana ya?
    saya lagi cari kelas yang signifikan untuk diukur intensi membeli mobnas, sebenarnya targetnya bawah dan menengah kebawah, tetapi sepertinya apa lebih baik pakai yang kelas menengah hingga atas ya?

    1. vidinur says:

      Kalau memakai klasifikasi SES ini, maka sebaiknya mencari kelas SES AB… regards

      1. umar says:

        terima kasih. pak, omong kelas A dan B itu apakah adalah kelas ekonomi atas dan menengah? dan kalo C1 itu apakah masuk lower atau middle class ya?

        1. vidinur says:

          A & B Secara garis besar adalah kelompok atas dan C adalah menengah C1 bisa dikategorikan menengah atas

  6. ruy says:

    malam pak vidinur….
    saya ruy mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir,
    kalau tidak merepotkan, bisa tidak saya minta informasi tentang karakteristik SES AB secara mendetail untuk keperluan tugas akhir saya?
    terimakasih sebelumnya

    1. vidinur says:

      Kurang detail apanya..?

      1. ruy says:

        bagaimana dengan karakteristik masing-masing kelas? seperti brand awarness, dan lainnya, terimakasih

        1. vidinur says:

          Maaf sekali, saya masih belum mengerti pertanyaan anda…

  7. Lyta says:

    Pak vidinur.. ipembagian itu berdasarkan income/ expenditure? apa tidak ada klasifikasi pendapatan masyarakat rendah, menengah, tinggi? karena penelitian saya butuh literatur ttg penggolongan pendapatan masyarakat..

    1. vidinur says:

      berdasarkan expenditure… kalsifikasi pendapatan tak ada, karena kalau ditanya pendapatan suka nggak bisa jawab… semua di jelaskan disitu kog…

  8. asripusp says:

    Dear Pak Vidinur,

    Apakah untuk 2012 masih sama klasifikasinya?
    Terima kasih

    Asri

    1. vidinur says:

      Masih… belum ada perubahan

  9. asripusp says:

    Dear Pak Vidinur,

    Untuk 2012, apakah pengkasifikasiannya masih sama?
    Mohon info

    Asri

  10. Angga says:

    bisa minta penjelasan tentang SES ini lebih mendalam gaq pak..
    thanks before. . ^^

    1. vidinur says:

      Informasi tentang apa yang anda perlukan…?

  11. toto says:

    mas, kalo SES tadi kan yang 2010, kalo yang 2011 ada perubahan gak ya, ?

    makasih

    1. vidinur says:

      Sepertinya belum, nanti akan saya update kalau dah dapat yang baru…

  12. Indrawan says:

    pak mau tanya nich kira2 perubahan range dari SES itu sendiri berdasarkan apa?
    kan yang bapak beritahu mengenai range SES yang ada seperti itu,nah kemungkinan range itu berubah dr faktor apa saja yg mempengaruhi,dan penetapannya

    terima kasih

    1. vidinur says:

      Dari tahun ke tahun SES itu akan diubah menurut hasil study, karena proporsi SES harus tetap di maintain, misalnya SES C harus sekitar 40% dari populasi, SES AB 25% dan DE 25%. Kalau belanja sehari hari meningkat, kalau tidak diubah kriteria SESnya nanti SES AB akan lebih banyak dari C dan SES DE akan menghilang… mudah2an jelas… :)

      1. Jusuf says:

        Tapi di 2011 SES AB 36%; C 50%; DE 14%. Berarti patokan tersebut masih bisa berubah. Menurut saya adalah kriteria A, B, dst yang harus disesuaikan. Karena setiap tahunnya ada inflasi, itu berarti kenaikan harga barang dan kenaikan penghasilan.

        1. vidinur says:

          Betul..! Kriteria A,B dst bisa berubah ketika proporsinya sudah tidak lagi sesuai dengan kurva normal, misalnya SES AB mendekati 50%, artinya kurva SES tidak lagi “normal” tapi condong ke AB, maka kriteria SES harus diubah atau di adjust sesuai dengan proporsi mendekati “Normal curve”. Kriteria SES ini sudah beberapa kali mengalami perubahan di beberapa tahun belakang.

          Perubahan tersebut bisa diakibatkan karena beberapa hal yang anda sebutkan diatas… so saya setuju dengan anda

          1. Jusuf says:

            Pak,kalau hasil survey 2012 sdh dpt boleh donk di share ke email saya.
            Kemudian, apakah Bp pny metode forecast SES hingga 2016? Krn sy sdg buat Business Review dan kantor Regional mnt sy buat forecast SES 2016. TERIMA KASIH

          2. vidinur says:

            Untuk hasil survey 2012 silahkan hubungi Nielsen Pak, saya tidak berhak memberikannya langsung, untuk forecast 2016, kalau proporsi SES, mungkin tidak akan jauh beda dengan tahun2 sebelumnya karena mengikuti kurva normal, tapi kalau untuk kriterianya memang lebih susah karena banyak asumsi yang harus di pakai…

  13. Adit says:

    Tengkyu Om Vidi! Nyari2 SES di Google malah langsung dikasi website milik Mbah nya penelitian. Hehehe.. Tengkyu Om!

  14. Priyo says:

    Pak, kira-kira memungkinkan gak jika saya menginginkan data jumlah penduduk yang berada dimasing-masing level SES? ada masukan dimana saya bisa mendapatkannya?

    terima kasih

    1. vidinur says:

      Anda bisa menghubungi Nielsen, mereka memiliki data yang anda butuhkan…

  15. tiffany says:

    oh iya, sebelumnya pernah saya lihat penilaian SES yg incomex didasarkan pada UMP (Upah minimum provinsi).. kira-kira kalau pakai dasar penilaian itu bgm pak?

  16. tiffany says:

    hai.. untung nemu info ini pak. saya mahasiswa yang ingin melakukan penelitian mengenai SES,,kira2 bapak punya contoh-contoh kuesioner peneltian yang dapat saya gunakan dalam membantu peneltian saya? terima kasih sebelumnya. :)

    1. vidinur says:

      Kuesioner penelitian sangat tergantung dari penelitian anda, jadi lebih baik anda diskusikan dengan dosen pembimbing.

      SES bisa didasarkan apa saja termasuk UMP sebagai dasarnya, bahkan ada yang menggunakan variable tambahan “ukuran rumah” utnuk klasifikasi SES, semuanya tergantung dari kepentingan pengguna. Jadi intinya, sesuaikan penggunaan SES dengan study anda.

  17. b_paul says:

    Mantab tenan infonya..
    Thanks pak vidinur…

  18. indri says:

    “Dinegara yang maju, untuk mengukur SES terdiri dari beberapa variable: misalnya Income, Education, occupation, dan mungkin kekayaan dari sebuah rumah tangga tersebut. Tetapi di beberapa Negara termasuk Indonesia, SES diukur dengan menggunakan satu variable saja.”
    Pak vidinur, saya boleh minta sumber ttg pengukuran SES di indonesia yang hanya diukur dgn satu variabel. pertimbangan apa saja ya pak yg dipakai untuk memutuskan memakai monthly expenses

    thx

    1. vidinur says:

      Karena di Indonesia pertanyaan Income adalah pertanyaan yang sensitive, banyak yang tidak mau terus terang karena curiga bahwa surveyor dari petugas pajak, atau karena simply tidak tahu berapa jumlah income sebetulnya dari seluruh anggota keluarga.

      Kalau Monthly expenses, lebih mudah di tanyakan dan mudah memvisualisasikan meskipun harus sedikit menghitung..

      Demikian mudah mudahan menjawab

  19. Taufik Ridwan says:

    Thanx soooooooooo freakin much om! Saya sangat butuh data ini, dan akhirnya nemu juga buat ngerjain TKA saya.

    Thank you
    Thank you
    Thank you
    Thank you
    Thank you

    :D

  20. debby says:

    hello ..pak …
    sebelumnya aku ucapkan terimakasih karena aku bisa dapet SES di web bpk ini…heheh sangat membantu
    pak, aku lagi nyusun TA tentang Tv satelit berbayar. kira2 bpk punya data segmentasi pasar Tv satelit di Indonesia gak ?
    mohon bantuannya ya pak … :)

    regards,

    debby

    1. vidinur says:

      Bukannya itu yang seharusnya anda cari untuk TA anda…? Segmentasi akan tergantung bagaimana anda akan mengelompokkan konsumennya dan itu akan berbeda beda sesuai dngan kebutuhannya.

  21. djoko says:

    Pak vidinur,

    Mau konfirmasi, apakah data SES yang ditampilkan diatas merupakan SES 2010 dari AC Nielsen?
    Dan apakah saya boleh minta ijin mengopinya.
    Terima kasih.

    1. vidinur says:

      Betul.. silahkan di kopi dan digunakan seperlunya

  22. Meis@makkimakki.int says:

    Pak, sekedar konfirmasi, data SEC ini dari AC Nielsen ?

    Thanks before.

    1. vidinur says:

      Betul… emang Makki&Makki dapetnya gak sama..?

      1. momy says:

        Pak, boleh tau kontak ac nielsen nya, contact person, no telp yang bisa dihubungi…saya sedang penelitian tesis dan butuh SES beserta jumlah penduduknya misal di kota Jakarta, kira2 mereka punya data itu gak ya..makasih pak..

  23. Sysilia says:

    Pak, boleh minta link sumber data untuk SES dari AC Nielsen? Saya sudah coba cari di webnya AC Nielsen Indonesia tidak ketemu juga. Terima kasih sebelumnya

    1. vidinur says:

      Hi Sysilia,
      Biasanya mereka mengadakan press conference utk mengumumkan SES tersebut, dan memang tidak ada di website Mereka. Kalau anda bekerja di Perusahaan, mungkin bisa langsung menghubungi Nielsen. kalau anda mahasiswa, mungkin saya bisa membantu informasi lain yang anda butuhkan dari press release Nielsen yang saya kumpulkan.

      1. Sysilia says:

        Saya mahasiswi universitas Atmajaya Jakarta yang sedang mengadakan penelitian tesis, Pak. Kalau tidak merepotkan, saya boleh minta soft copy press releasenya AC Nielsen Indonesia mengenai SES classification? Terima kasih banyak untuk bantuannya.

    2. vidinur says:

      Hi Sysil, ternyata saya dapatkan bukan dari press release, tapi catatan dari agency, meskipun saya memiliki informasi yang lebih mendetail, saya tidak bisa memberikannya kepada anda tanpa ijin yang mengeluarkan. Better contact Nielsen directly for further info.
      Cheers

      1. Sysilia says:

        Terima kasih untuk infonya ya, Pak. Saya sudah menghubungi AC Nielsen.
        Salam,

Leave a Comment